Babinsa Amankan Ibadah Nyepi di Desa Bali Agung

oleh -251 Dilihat

Wartaonline.id – Ibadah perayaan hari raya nyepi tahun saka 1943 yang dirayakan oleh masyarakat desa bali agung kecamatan palas, terbilang sangat sederhana dilakukan, tidak seperti puncak perayaan pada masa tahun sebelumnya, dimana perayaan kali dihadapkan pada pandemi covid 19, kendatipun demikian walaupun sesederhana dari sebelumnya tidaklah mengurangi isi dan makna pada ibadah perayaannya.

Sejak pukul 14.00 wib.sabtu 13 maret 2021 , masyarakat umat hindu bali desa bali agung , terlihat antosias dengan penyiapan beberapa rangkaian acara ibadah nyepi tahun baru saka 1943 ini.

Bapak made grane selaku ketua adat desa setempat , dibantu oleh beberapa tokoh dan masyarakat lainnya , menyiapkan segala sarana dan prasarana untuk puncak perayaan ibadah nyepi , hingga ibadah nyepi selesai dilakukan dan tibalah puncak perayaannya.

Sertu mulyana anggota babinsa koramil 421-08/palas , bersama babinkamtibmas bripka rahmat , keduanya juga ikut mengawal dan mengamankan ibadah perayaan nyepi yang berlangsung dipure kerti buana desa bali agung kecamatan palas lamsel , sabtu (13/03/2021).

Saat keduanya sama sama dilokasi , sertu yana mulyana mengatakan “alhamdulillah perayaan nyepi tahun 2021 ini , berlangsung sesuai yang diharapkan tidak semua masyarakat ikut melaksanakan ibadah , hal ini karena kita semua tetap mengikuti anjuran pemerintah agar pelaksanaan nyepi tidak dilakukan secara besar besaran , karena mengingat pandemi covid 19 masih saja ada ditengah tengah kehidupan kita , sehingga untuk menjaga penyebarannya yang lebih meluas dibatasi pada puncak peringatan ibadah nyepi saat ini”.ujarnya.

Sementara itu , bapak made grane selaku ketua adat desa setempat mengatakan “kami mengucapkan terimakasih kepada babinsa dan juga babinkamtibmas yang telah bersedia membantu mengamankan perayaan ibadah nyepi ini , dan semuanya bisa berjalan secara lancar , memang kita rayakan perayaan ibadah nyepi sesederhana mungkin karena kami tahu bahwa pemerintah tidak mengizinkan apabila puncak perayaannya dilakukan secara besar besaran , namun demikian semua bisa berjalan secara khidmat”.pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.